PLAFON PVC PRAMBANAN Pusat Plafon Pvc Di PRAMBANAN Dan KLATEN

  • Pasang Plafon PVC
Beranda » Plafon Gypsum » Cara Yang Benar Pasang Plafon Gypsum
click image to preview activate zoom

Cara Yang Benar Pasang Plafon Gypsum

Stok Tersedia
Kategori Plafon Gypsum
Tentukan pilihan yang tersedia!
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Cara Yang Benar Pasang Plafon Gypsum

Pasang Plafon Gypsum ∼ Plafon memiliki fungsi yang cukup penting dalam sebuah bangunan. Selain memiliki fungsi sebagai heat sink, plafon juga memiliki fungsi estetika untuk dekorasi ruangan. Banyak bangunan tempat tinggal sekarang menggunakan plafon gypsum. sehingga penggunaan plafon gypsum menjadi salah satu alternatif utama, sebagai plafon bangunan.

Cara Pasang Plafon Gypsum juga memiliki teknik yang berbeda dengan cara pasang rangka plafon PVC. Jadi biasanya proses pemasangan plafon gypsum membutuhkan installer gypsum. Jika Anda ingin mencoba pasang plafon gypsum sendiri untuk rumah tinggal. Anda bisa menerapkan panduan cara dibawah ini yang akan kami jelaskan.

Alat Pemasang Plafon Gypsum

Sebelum melakukan pekerjaan pemasangan plafon gypsum, Anda harus menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Letakkan peralatan di tempat yang mudah dijangkau, untuk memudahkan pekerjaan Anda. Alat-alat yang dibutuhkan dalam pemasangan plafon hollow adalah sebagai berikut :

Meteran

Meteran memiliki panjang yang bervariasi, tetapi Anda harus memilih meteran dengan panjang 10 meter. Namun, untuk pengerjaan plafon di dalam ruangan, Anda membutuhkan meteran yang cukup panjang dan kokoh. Karena meteran akan digunakan untuk mengukur tinggi dan lebar ruangan tempat plafon akan dipasang. digunakan terlalu pendek, akan merepotkan dalam melakukan pengukuran yang akurat.

Waterpass

Waterpass digunakan untuk mengukur kerataan rangka hollow dan papan gypsum plafon pada setiap luas permukaan. Anda harus menggunakan selang spiritpass saat pasang plafon. Untuk menentukan ketinggian yang seimbang di setiap sisi sudut langit-langit dalam ruangan. Namun kini Anda bisa menggunakan alat yang lebih modern yaitu laser elevasi untuk membuat pengukuran elevasi lebih mudah dan akurat.

Bor

Bor mesin mutlak diperlukan untuk setiap pekerjaan dan cara pasang plafon gypsum yang benar, terutama jika Anda menggunakan rangka berlubang. Plafon gypsum dirakit dengan menggunakan mesin bor sebagai alat untuk mengunci baut-baut yang berlubang. Bor yang dianjurkan adalah menggunakan bor portable, hal ini bertujuan untuk mempermudah pekerjaan. Jadi Anda tidak perlu lagi menyediakan kabel panjang untuk menjangkau langit-langit ruangan.

Gunting Seng

Alat ini digunakan pada saat membuat rangka berongga, yaitu bila rangka dibuat dari bahan berongga atau sejenis baja ringan. Karena jika menggunakan mesin gerinda potong akan sangat merepotkan untuk pengerjaannya. Gunting seng mudah dan efektif untuk memotong lubang untuk pasang rangka plafon rumah dan juga merupakan alat wajib. Yang digunakan oleh grosir untuk upah pemasangan plafon gypsum per meter.

Scrap Dempul

Scrap digunakan dalam proses mendempul sambungan papan gypsum yang telah dipasang pada plafon rumah. Proses ini digunakan sebagai proses finishing agar hasil akhir rata dan rapi. Proses caulking dilakukan secara bertahap, biasanya 2 kali pengerjaan. Tujuannya agar sambungan dan baut baut bisa tertutup sempurna.

Kuas Cat Plafon

Roll brush dan hand brush digunakan untuk mengecat plafon yang telah selesai melalui proses caulking. Sehingga plafon terlihat indah dan rapi saat dilihat. Selain alat-alat yang disebutkan di atas, Anda juga membutuhkan pensil, pemotong, gergaji list, ember dan palu. peralatan pelengkap untuk pasang bingkai langit-langit. Setelah semua alat dari pengrajin untuk pasang plafon gypsum sudah tersedia. Silahkan simak cara pemasangan plafon gypsum seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Cara Pasang Plafon Gypsum

Pasang Plafon Gypsum ∼ Berikut ini akan dijelaskan panduan step by step cara pemasangan plafon gypsum menggunakan rangka plafon baja ringan dan rangka plafon hollow. Bahan berongga banyak digunakan sebagai rangka plafon rumah, karena mudah dipasang dan tahan rayap. Ukuran besi hollow yang digunakan sekitaran 2 x 4 cm – 4x4cm. Namun jika memilih menggunakan baja ringan, Anda bisa menggunakan baja ringan dengan ukuran standar 0,73 hingga 0,75 mm.

Menyesuaikan Ketinggian Plafon

Langkah pertama cara pasang plafon gypsum adalah dengan mengukur garis ketinggian pada plafon ruangan. Buat empat titik di setiap sudut ruangan menggunakan selang waterpass. Kemudian tarik garis lurus dari satu titik ke titik lain menggunakan tali pensil. Garis elevasi berguna sebagai panduan untuk pasang rangka plafon berlubang pada dinding.

Pasang Sudut Dinding

Langkah selanjutnya adalah pasang sudut dinding yang berfungsi sebagai penyangga plafon. Tempatkan sudut dinding pada garis lurus yang telah dibuat tadi tepat di bagian bawah. Setelah dipastikan benar, paku menggunakan paku beton 2 atau 3 cm dengan jarak minimal 30 paku. cm. Sebelum melanjutkan pemasangan, pastikan paku ini kuat. Lanjutkan pasang sudut dinding di setiap garis panjang terlebih dahulu. Pemasangan sudut dinding juga dapat menggunakan sekrup yang dipasang dengan cara dibor.

Pengukuran Ulang

Setelah dinding sudut atau bingkai berlubang dipasang di sekitar dinding ruangan. Cara pemasangan plafon rumah selanjutnya adalah dengan mengukur luas ruangan. Pengukuran sudut dinding dilakukan pada batang dari tepi salah satu dinding dengan selang waktu 60 cm. Pengukuran dimulai dari tepi salah satu dinding ke sisi dinding. lainnya secara berurutan. Sehingga saat dipasang tidak ada salah ukuran akibat perbedaan ketebalan dinding.

Saat melakukan pengukuran, jangan lupa memberi tanda untuk setiap jarak 60 cm. Lakukan hal yang sama dengan dinding berlawanan lainnya. Pengukuran ini berfungsi untuk pasang lubang di tengah rangka plafon atau biasa disebut dengan center hollow stretch.

Pasang Spread Hollow Tengah

Setelah melakukan pengukuran, kini langkah selanjutnya dari cara pemasangan plafon gypsum adalah pemasangan rangka plafon hollow. Sebelum pasang, ukur panjang setiap tanda yang Anda buat di awal dan cocokkan dengan panjang lubang.

Hollow yang ukurannya lebih panjang harus dipotong agar tidak lebih atau kurang pada saat pemasangan. Tempatkan lubang yang sudah berukuran pas di sisi atas sudut dinding, lalu kencangkan dengan bor. Lalu Lakukan pengukuran yang sama pada tanda berikutnya dan seterusnya, sampai semua tanda selesai. Jika semua ukuran sudah benar, pasang lubang ke sudut dinding dan kencangkan hingga kencang.

Pasang Spread Hollow Atas

Selesai pasang bagian tengah hollow stretch, langkah selanjutnya cara pasang plafon gypsum adalah dengan pasang hollow span bagian atas. Bentang ini berfungsi sebagai penguat dan mengunci lubang bagian bawah agar tidak goyang. Fungsi lainnya adalah menempatkan ulir sebagai gantungan yang dihubungkan dengan rangka atap agar mampu menahan beban.

Langkah yang harus dilakukan adalah melakukan pengukuran dengan arah berlawanan dari lubang bawah. Jika pengukuran pada lekukan atas dilakukan pada sisi panjang dinding, maka lekukan bawah dilakukan pada sisi lebar dinding. Sehingga cekungan atas dan bawah akan terlihat saling bersilangan.

Buat tanda ukuran pada dinding yang lebar dengan jarak antar tanda 80 cm. Potong lubang yang memiliki kelebihan panjang, sehingga sesuai dengan ukuran pada tanda yang telah dibuat. Jika pas, letakkan semua lubang tepat di atas lubang bawah. Kemudian kencangkan dengan kencang di kiri, kanan dan bawah untuk menembus lubang bawah.

Membuat Gantungan Rangka Langit-Langit

Setelah semua lubang atas terpasang, langkah selanjutnya tentang cara pasang plafon gypsum adalah membuat gantungan rangka berlubang. Di bagian atas dan bawah untuk rangka atap rumah. Anda bisa membuatnya dengan jarak antar gantungan mulai dari 80 cm, 100 cm, hingga 120 cm. Idealnya gantungan menggunakan jarak 80 cm karena semakin dekat jarak antar gantungan maka semakin kokoh rangka plafon yang dibuat.

Sebagai gantungan, Anda bisa menggunakan kawat atau potongan berongga yang ada. Ukur jarak antara lubang atas dengan rangka atap, kemudian kencangkan komponen atas ke rangka atap jika ukurannya pas. Pasang juga komponen bawah pada lubang atas dan bawah. Pastikan lubang bawah rata. Setelah semua gantungan terpasang, pastikan sekrup terpasang dengan kuat dan tidak bergerak. Langkah selanjutnya adalah melapisi rangka plafon dengan papan gypsum.

Pemasang Papan Gypsum

Setelah membuat rangka plafon, langkah selanjutnya cara pasang plafon gypsum adalah dengan pasang papan gypsum. Papan gypsum yang memiliki ukuran yang sesuai dapat dipasang menggunakan sekrup gypsum pada jalur rangka berongga atas dan bawah. Jarak ideal antara sekrup adalah 10 cm. Pastikan sekrupnya kuat. Jika sudah selesai pasang maka anda bisa melakukan langkah terakhir yaitu mendempul dan mengecat.

Finishing

Pasang Plafon Gypsum ∼ Pekerjaan finishing pada cara pemasangan plafon gypsum adalah mendempul dan mengecat. Caulking berguna untuk menghaluskan tampilan dan menghilangkan sambungan pada plafon gypsum. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, proses mendempul harus diulang 2 hingga 3 kali. Setelah mendempul selesai dan hasilnya terlihat rapi, Anda bisa mengecatnya agar plafon rumah lebih indah dipandang.

Demikian ulasan tentang Cara yang benar Pasang Plafon Gypsum semoga bermanfaat.

Tags: , , ,

Cara Yang Benar Pasang Plafon Gypsum

Berat 300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 103 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Rekomendasi
Tutup Sidebar
Sidebar
error: Content is protected !!

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: